Selasa, 01 Juli 2008

Portal JBE

Oleh: Arief WS

Pintu utama 2 komplek JBE (arah menuju Cikunir) akhirnya dipasang portal untuk kedua jalurnya, meski agak terlambat, pemasangan portal di jalur sebelah kanan untuk keluar akhirnya selesai dipasang. Kenapa dibilang terlambat, karena kerusakan jalan menuju komplek JBE bertambah parah, akibat banyak dilewati oleh kendaraan-kendaran besar, baik untuk kepentingan warga maupun hanya sekedar melintas jalan dari arah Cikunir – Galaxi ke arah jl. Ratna.

Pada awal pemasangannya pun, terjadi “salah konstruksi”, di mana portal dengan posisi di atas, ternyata masih diberi pemberat untuk membuka naik turun portal tersebut, walhasil, belum sehari umurnya, konstruksi tiang portal tercabut, karena pondasi belum kuat, sementara dia harus menahan beban pemberat portal. Saya sempat bingung ketika melewati portal tersebut, sore harinya, kok tiang atas dari portal tsb hilang, setelah saya cari-cari ternyata tiang atas portal dan pemberatnya sukses terjungkal dan tiduran dengan santai di selokan utama kita … he ... he ... he

Setelah direkonstruksi, diputuskan bahwa portal tidak diberi beban, karena posisi tiang penutup ada di atas. Lagi pula, kalau ada kendaraan besar yang memang dibutuhkan warga untuk masuk ke komplek JBE, bisa menggunakan portal sebelahnya yang memang bisa dibuka untuk darurat.

Dengan alasan klasik, sayangnya budget yang memang terbatas, pembuatan tiang atas portal tersebut tidak dibuat dengan bahan yang tebal dan kuat, sehingga beberapa kali portal yang kita banggakan, bila tersenggol oleh kendaraan yang tingginya persis dengan portal tersebut, menjadi bengkok atau bahkan pernah patah. Sampai sekarang dan sepengetahuan saya, portal tersebut sudah 3 kali dilas dan diperbaiki.

Untuk itu saya menghimbau kepada pihak2 berwenang (dalam hal ini Pak RW dan jajarannya serta warga yang perduli terhadap lingkungan) untuk memerintahkan satpam2 di gerbang utama, agar menolak setiap kendaraan-kendaraan besar yang mau masuk ke dalam komplek JBE, kecuali memang untuk kebutuhan warga kita sendiri dan jangan lupa untuk menyampaikan kepada si pengemudi kendaraan agar hati-hati melewati portal.


Tidak ada komentar: