Kamis, 07 Agustus 2008

Garasi Baca

Oleh: Redaksi

Masih dalam ingatan, kala semasa masih duduk di bangku SD saya senang sekali membaca buku cerita dan komik. Bahkan waktu itu sempat menjadi anggota disalah satu tempat penyewaan. Biasanya komik yang disewa adalah gundala si putra petir, si Pitung dari gue hantu, Jampang dan lain sebagainya, sementara buku cerita tanpa gambar yang disewa biasanya cerita karangan HC Andersen, dan bacanya musti cepet2 takut didenda, sebab waktu penyewaan terbatas. Dengan perkembangan waktu tempat penyewaan itu sudah tidak ada lagi, entah kemana pindahnya atau memang sudah bubaran.

Setelah pindah ke JBE tahun 1998, saya tidak tahu kalau di JBE ada tempat penyewaan buku seperti "Garasi Baca", atau pada waktu itu memang belum ada. Pun kalau ada, anak2 saya lebih suka membeli PS2 atau DVD bajakan dibandingkan dengan membeli atau menyewa buku bacaan, mungkin karena jamannya atau karena minat baca yang masih kurang ?

Ide awal adanya Garasi Baca ini adalah, menyediakan tempat alternatif bagi lingkungan sekitar, terutama anak-anak, untuk mengisi waktu luangnya. (baca postingan Ide Awal di blog Garasi Baca) Koleksi buku di Garasi Baca, sangat beragam, meski jumlahnya belum banyak, mulai buku untuk balita, anak-anak, remaja bahkan dewasa. Selain bacaan ringan seperti komik, novel anak, dan novel dewasa, beberapa koleksi lainnya adalah buku-buku pengetahuan terbitan Tira Pustaka, Time Life, ensiklopedia, referensi agama Islam dll.

Insya Alloh mencoba akan mengajak anak2 saya untuk mengunjungi Garasi Baca, mudah2an tempat ini benar2 menjadi arena dan memotivasi anak menjadi senang membaca, sekaligus mempromosikan dalam site ini bahwa JBE punya tempat bacaan. Sebagai info harga sewa perbukunya murah banget.

Tidak lupa mengucapkan selamat kepada Pak Arief WS dan keluarga yang sudah bersusah payah mendirikan Garasi Baca sekaligus sebagai tempat kursus ketrampilan lainnya.

Yukk ... mampir ke Garasi Baca, jangan sampai ada yang bilang sama kita, Hari gini ngga suka baca ?

Tidak ada komentar: